Daun Pepaya Dapat Atasi Diabetes

Daun Pepaya Dapat Atasi Diabetes – Diabetes adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit yang sering disebut sebagai diabetes tidak hanya diderita oleh orang lanjut usia, tetapi mereka dengan usia yang lebih muda mungkin juga berisiko untuk penyakit ini.

Diabetes sendiri adalah peningkatan penyakit gula dalam darah karena ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin dalam tubuh sehingga hormon insulin tidak berfungsi dengan benar. Hormon insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah.

Ketika insulin tidak cukup dicerna atau diatur, maka hormon insulin dapat menyebar ke seluruh tubuh bahkan dapat menyebabkan penyumbatan. Penyakit diabetes membuat urine penderita menjadi agak tebal dan manis karena kadar gula darah menjadi tinggi.

Ada dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 disebabkan karena tubuh benar-benar tidak mampu memproduksi insulin. Sementara diabetes tipe 2 karena ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi kadar hormon insulin yang berguna untuk mengatur kadar gula darah, serta ketidakmampuan insulin untuk melakukan tugasnya.

Diabetes dapat terjadi karena gaya hidup yang buruk, obesitas, hipertensi, faktor keturunan atau bahkan karena kurang olahraga. Jika seseorang telah terkena penyakit diabetes, sehingga ia benar-benar perlu mempertahankan diet yang sehat dan gaya hidup. Bahkan, penderita juga perlu sering melakukan pemeriksaan pada dokter.

Karena penderita diabetes terkadang membatasi kebebasan dalam makanan, maka penderita diabetes memerlukan perawatan agar lebih leluasa. Selain pengobatan yang dilakukan oleh dokter, ternyata orang juga dapat melakukan pengobatan tradisonal seperti konsumsi daun pepaya untuk membantu mengurangi diabetes.

Daun pepaya adalah daun yang dihasilkan oleh pohon pepaya, pohon yang dari tanaman meksiko dapat tumbuh hingga 5-10 meter, dan batang biasanya tidak bercabang dan daun pepaya berukuran besar. Bentuk daun pepaya bulat dengan ujung meruncing. Daun pepaya meskipun memberikan rasa pahit saat dikonsumsi, namun memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan sangat berguna bagi tubuh. Berikut kandungan di dalam daun pepaya seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium dan mineral.

Daun Pepaya Dapat Atasi Diabetes

Daun pepaya juga memiliki senyawa kimia yang terdiri dari alkaloid dan sapoin. Selain pepaya juga mengandung enzim papain, alkaloi karpaim, pseudokarpin, glikosid, karposid dan saponin. Berbagai nutrisi pada daun pepaya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah diabetes.

Selain itu, daun pepaya mengandung senyawa yang mampu mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Dan jangan lupa, Anda juga harus menyeimbanginya dengan menjaga pola makan. Daun pepaya dapat digunakan sebagai ramuan untuk diabetes dengan cara berikut siapkan tiga lembar daun pepaya muda dan 5 lembar daun sirih, lalu cuci hingga bersih dan tambahkan setengah gelas air kemudian peras dan saring ramuan dan minum ramuan tersebut dalam dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Demikian pula, informasi mengenai manfaat daun pepaya untuk penyakit diabetes. Maka untuk itu, dari sekarang Anda mencoba menggunakan daun pepaya dalam mengobati diabetes secara alami.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *