Pantangan Makanan Penderita Jantung Bengkak

Penduduk negara Indonesia yang berjumlah 250 juta jiwa ternyata sekitar 35% mengalami masalah dengan penyakit tekanan darah tinggi / hipertensi yang sangat berkaitan dengan kesehatan jantung. Bahkan hampir 30%-nya lagi berpotensi mengarah ke hipertensi.

Tentunya ini sangat berkaitan dengan gaya hidup dan pola makan masyarakat Indonesia itu sendiri. Penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor penyebab masalah organ jantung yaitu jantung bengkak sehingga perlu diperhatikan.

Pantangan Makanan Penderita Jantung Bengkak

Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari supaya tekanan darah tidak semakin tinggi dan kondisi pembengkakan jantung dapat normal kembali, yaitu:

Garam

Garam dan sodium merupakan musuh terbesar bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Penderita hipertensi harus membatasi asupan sodium mereka sehari-hari. Lebih dari 75 persen dari sodium yang Anda konsumsi dalam sehari berasal dari makanan kemasan, bukan dari makanan yang Anda masak di rumah.

Kopi

Jika Anda memiliki hipertensi, sebaiknya menghilangkan kebiasaan Anda untuk konsumsi kopi. Konsumsi kopi dipagi hari dapat menyebabkan meningkatkan tekanan darah sementara. Karena setiap minuman berkafein dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Alkohol

Konsumsi alkohol dalam porsi sedikit maupun sedang dapat menurunkan tekanan darah, namun jika terlalu banyak minum alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Menurut penelitian jika seseorang mengkonsumsi alkohol lebih dari tiga gelas dalam satu waktu dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah sementara.

Makanan Kemasan dan Kulit Ayam

Makanan yang dikemas atau siap saji mengandung lemak jenuh yang tinggi. Mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan trans meningkatkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh Anda. Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat membuat hipertensi Anda menjadi buruk, dan akhirnya dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung bengkak.

Baca informasi seputar tentang obat herbal jantung bengkak paling ampuh.

Sangat penting untuk diingat bahwa bagi penderita hipertensi bukan untuk tidak diperbolehkan makan. Namun, hal ini mengenai mengatur makanan yang baik dan sehat bagi tubuh Anda. Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) telah terbukti efektif untuk mengurangi dan mengelola hipertensi. Melakukan diet dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap harinya, selain itu, anda juga rutin mengkonsumsi makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *